Akibat Longsor Galian C, Padang-Painan Tidak Bisa Diakses


Padang,netralnews.net - Tingginya curah hujan di wilayah Kota Padang pada Kamis (10/9/2020) membuat beberapa titik lokasi mengalami banjir dan longsor.

Dari hasil laporan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang, Sutan Hendra  yang diterima media ini mengatakan, ada dua titik tanah longsor, di antaranya di wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung atau tepatnya di Kelok Jariang yang merupakan lokasi Galian C.

"Dari hasil laporan dilapangan BPBD Kota Padang juga mencatat adanya tebing longsor di wilayah jalan baru menuju objek wisata pantai air manis, Kecamatan Padang Selatan," ucap Sutan Hendra.

Kami dari BPBD fokus membersihkan material longsor yang menimbun jalan Painan-Padang, agar transportasi bisa kembali normal.

“Menurut keterangan dilapangan, Longsor dikelok Jariang ini terjadi pada dini hari sekitar jam 05.00 WIB, Kamis pagi tadi, dan saat ini kami menunggu alat berat, karena ini jalan provinsi maka kami koordinasikan dengan PUPR Provinsi. Sementara waktu, akses kendaraan masih tertutup di kawasan Bungus Teluk Kabung,” ujarnya.
Laporan tim BPBD memperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang disertai angin kencang melanda wilayah Kota Padang sejak pukul 00.30 WIB. Adapun informasi genangan air terdapat di beberapa titik. Beberapa kelurahan, tanah longsor juga terjadi beberapa titik di antaranya:

1. Komplek Jondul Rawang, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.
2. Perumahan Bungus Jurai Permai, Kelurahan Bungus Barat, Kecamatan Bungs Teluk Kabung, Kota Padang.
3. Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.
4. Simpang 6 Pondok genangan air setinggi betis (40 Cm).
5. Parak Rumbio genangan air setinggi lutut (50 Cm).
6. Jalan Batuang Taba Kelurahan Arai Pinang genangan setinggi 50 Cm.
7. Jalan By Pass simpang 4 Lubeg genangan air setinggi 40 Cm.
8. Skep dekat Kantor Koramil Mata Air ketinggian air mencapai 80 Cm.
9. Banuaran belakang Mesjid Muhalimin Rt 02 genangan air memasuki rumah warga.
Adapun Lokasi Pohon Tumbang berdasarkan informasi yang diterima adalah sebagai berikut : (1). Jalan Baru arah ke Pantai Air Manis,. (2). RT. 01/RW. 02 Air Manis.

Selanjutnya, adapun Lokasi longsor berdasarkan informasi yang diterima adalah sebagai berikut : (1). Longsor di Kelok Jariang Bungus Teluk Kabung,. (2). Jalan Lama Koto Kaciak menuju ke Pantai Air Manis.

Sutan Hendra menyebutkan, banjir terparah terjadi di Kelurahan Jondul Rawang dan Mata Air yang ketinggian air mencapai satu meter.

“Kondisi saat ini di wilayah Jundul Rawang Mata Air Kecamatan Padang Selatan, air mulai sedikit surut dibandingkan tadi malam, dan saat ini tim BPBD kami fokuskan ke kawasan Alai. Kami dari tim BPBD menghimbau  kepada masyarakat untuk tetap tenang dan siaga, karena saat ini curah hujan yang mengguyur Kota Padang masih cukup tinggi”, pungkasnya.
(Rita/mond/davit)

Label: , ,

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.