Pokdarkamtibmas Pessel Di Kukuhkan Wakapolda Sumbar


Pessel,netralnews.net - Wakapolda Sumatera Barat Brigjen Pol Edi Mardianto, S.I.K, MSi Pokdar melantik Pokdarkamtibmas wilayah III Kabupaten Pesisir Selatan, pada Senin (29/09/2020) di Gedung Painan Convention Center Pesisir Selatan.

Mengingat saat ini kita dihadapkan pada persoalan pandemik Covid-19, maka pelaksanaan pengukuhan Pokdarkamtibmas tetap mematuhi protokol kesehatan.

Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.I.K, MSi "menyampaikan sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka saatnya masyarakat, pemerintah, pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan upaya-upaya penangkalan, pencegahan dan penanggulangan ancaman dan gangguan Kamtibmas dengan bentuk kerjasama maka terbentuk lah forum kemitraan yang disebut Pokdarkamtibmas", katanya.

Tujuan terbentuknya Pokdarkamtibmas adalah dengan harapan masyarakat dapat memanfaatkan keberadaanya terutama dalam hal pemecahan masalah, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi dan mencari solusi dengan prinsip ADR yang berbasis kearifan lokal", ungkapnya.

"Selain itu Pokdarkamtibmas dapat memberikan bimbingan dengan penyuluhan kepada masyarakat tentang masalah ganguan Kriminalitas maupun gangguan lainya", teranganya.

"Selanjutnya kepada Kapolres dan Kapolsek saya perintahkan setelah acara ini untuk segera mengukuhkan Pokdarkamtibmas tingkat Kecamatan, Lurah/Wali Nagari", tegasnya.

Selain itu Kapolda Sumbar juga berpesan kepada seluruh pengurus Pokdarkamtibmas untuk :
  1. Jalankan forum rembuk sesuai dengan  AD/ART.
  2. Kibarkan Pataka forum rembuk keseluruh daerah Sumatera Barat.
  3. Bagun koordinasi yang baik dengan stakeholder
  4. Berperan aktif dalam mendukung kebijakan pemerintah daerah Sumatera Barat sesuai amanat dan konstitusi.
  5. Jaga nama baik forum rembuk dan nama baik institusi Polri dimana pun berada.

Dirbinmas Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Jhoni Soeroto mengatakan "Pokdarkamtibmas merupakan Forum Rembuk yang bersifat penyelesaian masalah dalam mengutamakan kearifan lokal dan bentuk kerjasama dengan pihak kepolisian dalam turut serta memelihara maupun Kamtibmas, tentunya dengan rasa aman nyaman bagi masyarakat", jelasnya.


"Pokdar tidak membedakan agama, suku, jabatan, Provesi, kaya, miskin namun pokdar membantu seluruh program daerah dalam menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat", terangnya.

Ketua Pokdar provinsi Sumatera Barat Triski menyampaikan ucapan "Terimakasi atas terbentuknya Pokdarkamtibmas kota dan kabupaten yang sudah mau membagi tenaga, fikiran, waktu dan materi untuk masyarakat", katanya.

"Didalam kepengurusan Pokdarkamtibmas sudah ada alim ulama, cadiak pandai, penghulu, 5 sektor perguruan tinggi besar di Sumatera Barat, ketua dewan mesjid, tokoh agama, ketua LKAAM, Ketua berbagai Ormas, pejabat pemerintah dan berbagai propesi yang siap membantu masyarakat", jelasnya.

"Setelah terbentuknya Pokdarkamtibmas di kota dan kabupaten saya berharap setelah ini akan terbentuknya kepengurusan Pokdarkamtibmas di Kecamatan, Kelurahan, dan nagari di wilayah masing-masing", lanjutnya.

"Selain itu sebentar lagi kita akan memasuki sebuah rangkaian kegiatan Pilkada serentak tahun 2020 diharapkan anggota Pokdarkamtibmas dapat turut serta menjadi pelopor dalam pengamankan dan pengawalan jalannya kegiatan Pilkada serentak", imbuhnya.

Riswandi Martha, SE, MM selaku ketua Pokdarkamtibmas kabupaten Pesisir Selatan mengucapkan terima kasih atas dikukuhkannya Pokdarkamtibmas Kabupaten Pesisir Selatan, semoga setelah pengukuhan ini kita dapat melaksanakan tugas Pokdarkamtibmas dengan sebaik-baiknya", ucapnya. 

"Tugas dan fungsi Pokdarkamtibmas terwujudnya Pokdarkamtibmas yang profesional, modren, bermoral dan terpecaya, serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama dalam memelihara Kamtibmas dengan cara mencegah maupun menyelesaikan masalah bersama Polri dan Stakeholder lainya", jelasnya.

Pjs. Bupati Pesisir Selatan Mardi, MM menyampaikan Pokdarkamtibmas merupakan ujung tombak untuk menertibkan keamanan dan ketertiban di pesisir selatan, maka dari itu saya ucapakan terimakasi kepada Kapolda Sumbar atas dibentuknya Poksarkamtibmas di Pesisir Selatan", terangnya.

"Kepada Pokdarkamtibmas kabupaten Pesisir Selatan yang sudah dilantik selamat bertugas, lakukan lah tugas sebaik-baiknya sebagai perpanjangan tangan dari tugas Polri dalam menertibkan masyarakat", tegasnya.

Turut hadir Pejabat Utama Polda Sumbar Dirbinmas Polda Sumbar, Pjs Bupati Pesisir Selatan, Kapolres Kabupaten Pesisir Selatan, Forkopimda Kabupaten Pesisir Selatan, Ketua MUI Kabupaten Pesisir Selatan, Ketua Pokdarkamtibmas Provinsi, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan Lainnya.

Yel-yel Pokdarkamtibmas..

Siapa kita...?
Pokdarkamtibmas
Apa tugas kita...?
Penyelesaiaan Masalah
Apa slogan kita..?
Elok-elok sajo.

(R)

Label: , ,

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.