Wakapolda Sumbar Kukuhkan Pokdarkamtibmas Padang Pariaman

Padang Pariaman,netralnews.net - Wakapolda Sumatera Barat Brigjen Pol Edi Mardianto, S.I.K, MSi Pokdar melantik Pokdarkamtibmas wilayah II, pada Senin (29/09/2020) di Aula Balai Kota Pariaman.

Wilayah pengukuhan Pokdarkamtibmas terdiri dari kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Agam.

Turut hadir Pejabat Umum Polda Sumbar Dirbinmas Polda Sumbar, Dithumas Polda Sumbar, Bupati Pariaman, Plt Wakil walikota Pariaman, Bupati Agam, Forkopimda Pariaman, Kab. Pariaman dan Kab.Agam, Ketua Pokdarkamtibmas Provinsi, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan Lainnya.

Mengingat saat ini kita dihadapkan pada persoalan pandemik Covid-19, maka pelaksanaan pengukuhan Pokdarkamtibmas tetap mematuhi protokol kesehatan.

Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.I.K, MSi "menyampaikan sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka saatnya masyarakat, pemerintah, pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan upaya-upaya penangkalan, pencegahan dan penanggulangan ancaman dan gangguan Kamtibmas dengan bentuk kerjasama maka terbentuk lah forum kemitraan yang disebut Pokdarkamtibmas", katanya.


Tujuan terbentuknya Pokdarkamtibmas adalah dengan harapan masyarakat dapat memanfaatkan keberadaanya terutama dalam hal pemecahan masalah, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi dan mencari solusi dengan prinsip ADR yang berbasis kearifan lokal", ungkapnya.

"Selain itu Pokdarkamtibmas dapat memberikan bimbingan dengan penyuluhan kepada masyarakat tentang masalah ganguan Kriminalitas maupun gangguan lainya", teranganya.

"Selanjutnya kepada Kapolres dan Kapolsek saya perintahkan setelah acara ini untuk segera mengukuhkan Pokdarkamtibmas tingkat Kecamatan, Lurah/Wali Nagari", tegasnya.

Selain itu Kapolda Sumbar juga berpesan kepada seluruh pengurus Pokdarkamtibmas untuk :

  1.  Untuk menjaga kekompakan antar sesama anggota Pokdarkamtibmas dan jati diri Pokdarkamtibmas sebagai salah satu wadah Forum Rembuk yang membantu tugas kepolisian dalam menjaga Kamtibmas.
  2. Menjaga hubungan baik dan Sinergisitas dengan institusi kepolisian dan stake holder.
  3. Jadi lah teladan ditengah-tengah masyarakat dengan mematuhi aturan yang berlaku.
  4. Bersama dengan TNI dan Polri jadilah garda terdepan dalam pendisiplinan sosial selama masa adaptasi kebiasaan baru.

Dirbinmas Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Jhoni Soeroto mengatakan "Pokdarkamtibmas merupakan Forum Rembuk yang bersifat penyelesaian masalah dalam mengutamakan kearifan lokal dan bentuk kerjasama dengan pihak kepolisian dalam turut serta memelihara maupun menjaga Kamtibmas, tentunya dengan rasa aman nyaman bagi masyarakat", jelasnya.

"Pokdar tidak membedakan agama, suku, jabatan, Provesi, kaya, miskin namun pokdar membantu seluruh program daerah dalam menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat", terangnya.

Ketua Pokdar provinsi Sumatera Barat Triski menyampaikan ucapan "Terimakasi atas terbentuknya Pokdarkamtibmas kota dan kabupaten yang sudah mau membagi tenaga, fikiran, waktu dan materi untuk masyarakat", katanya.

"Didalam kepengurusan Pokdarkamtibmas sudah ada alim ulama, cadiak pandai, penghulu, 5 sektor perguruan tinggi besar di Sumatera Barat, ketua dewan mesjid, tokoh agama, ketua LKAAM, Ketua berbagai Ormas, pejabat pemerintah dan berbagai propesi yang siap membantu masyarakat", jelasnya.

"Setelah terbentuknya Pokdarkamtibmas di kota dan kabupaten saya berharap setelah ini akan terbentuknya kepengurusan Pokdarkamtibmas di Kecamatan, Kelurahan, dan nagari di wilayah masing-masing", lanjutnya.

"Selain itu sebentar lagi kita akan memasuki sebuah rangkaian kegiatan Pilkada serentak tahun 2020 diharapkan anggota Pokdarkamtibmas dapat turut serta menjadi pelopor dalam pengamankan dan pengawalan jalannya kegiatan Pilkada serentak", imbuhnya.

Syafrudin Dt. Bandaro rajo selaku ketua Pokdarkamtibmas kabupaten agam menyampaikan "Ucapan terima kasih telah dikukuhkannya Pokdarkamtibmas daerah kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Agam", ucapnya.

"Saya selaku ketua mengucapkan terimaksih atas kepercayaan yang diberikan sebagai ketua untuk itu,
setelah pengukuhan ini marilah kita sama-sama melaksanakan tugas yang mulia sebagai Pokdarkamtibmas sebagai Forum Rembuk bagi masyarakat", ujarnya. 

Sesuai dengan Selogan Pokdarkamtibmas "Elok-elok sajo" tutupnya. (R)


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.